Selamat Datang di blog Kota Tarutung Semoga tautan yang ada di blog Kota Tarutung ini dapat membantu anda

Kota Tarutung

Foto saya
Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia
Kota Tarutung sangat di kenal dengan pesona keindahan alamnya yang sangat indah, dan tempat wisata Salib Kasih yang terkenal sampai ke penjuru dunia, begitu juga dengan Air Panas alami , dan pemandian air sodanya....

Selasa, 22 Mei 2012

Silindung tidak sama dengan Toba

Rura Silindung
Kurang dapat diketahui sejak kapan Silindung dinyatakan sebagai Batak Toba. Padahal Batak Toba hanya meliputi wilayah Balige, Porsea, Laguboti, Parsoburan, Silaen, Sigumpar, Lumban Julu, Ajibata, Uluan, Pintu Pohan, dan sekitarnya. Sedangkan Batak Silindung tidak sama dengan Batak Toba. Silindung telah menjadi wilayah yang berbeda dengan Toba sejak zaman Kerajaan Batak hingga pembagian distrik pada HKBP.
Bila diperhatikan secara saksama pada buku JAMBAR HATA karangan oleh marga Sihombing dan PUSTAHA BATAK Tarombo dohot Turiturian ni bangso Batak oleh W. M. Hutagalung sangat tampak jelas bahwa Silindung selalu dibedakan dengan Toba.
Melalui orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyatukan Silindung, Samosir, Humbang, dan Toba menjadi Batak Toba. BATAK SISAHUTA (Silindung_Samosir_Humbang_Toba) memiliki wilayah dan contoh marga yang berbeda pula yang disatukan dalam suku bangsa Batak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar